Dianggap Sebagai Diet Buruk, Yuk Mengenal Diet HCG Lebih Dalam


hcg-advice – Beberapa waktu lalu, diet HCG ini cukup ramai diperbincangkan karena menggunakan metode diet tidak biasa. Diet ini menggunakan bantuan hormon Human Chorionic Gonadotropin yang notabennya ditujukan untuk ibu hamil. Hormon ini dipercaya bisa menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi, siapa sangka diet ini justru berbahaya bagi tubuh. nah, buat Anda yang berencana berdiet dengan cara ini, yuk mengenal diet HCG secara detail pada uraian berikut.

Dianggap Sebagai Diet Buruk, Yuk Mengenal Diet HCG Lebih Dalam

Sekilas Tentang Diet HCG dan Cara Keberhasilannya

Diet HCG merupakan sebuah metode penekanan nafsu makan dengan menyuntikkan hormon kehamilan ke dalam tubuh. Awalnya, hormon ini digunakan dalam pengobatan obesitas. Namun karena hasilnya cukup efektif, banyak orang menyalahgunakannya sebagai metode diet. Padahal pihak FDA selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat pun telah menyatakan bahwa diet HCG termasuk tindakan illegal.

Diet HCG sendiri tidak melulu pada pemberian hormon di dalam tubuh, tetapi disertai dengan pembatasan asupan kalori dengan ketat. Dalam diet ini, terdapat tiga tahapan penting yang harus dilakukan yaitu:

  • Fase Loading

Fase ini merupakan tahapan paling awal dalam diet HCG. Di sini, pelaku diet akan diberikan suntikan hormon tersebut melalui perut. Sedangkan untuk asupan kalorinya hanya boleh mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak pada dari pertama dan kedua.

Baca Juga : Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Diet HCG Aman atau Membahayakan?

  • Fase Weight Loss

Fase selanjutnya yaitu fase weight loss dimana pada fase ini memfokuskan pada penurunan berat secara signifikan. Di fase ini, pelaku diet tetap menerima suntikan HCG namun asupan kalori hanya diperbolehkan sebesar 500 kalori. Waktu makan hanya 2 kali sehari. Kegiatan ini dilakukan selama 3-6 minggu.

  • Fase Maintenance

Pada tahap terakhir ini, penyuntikan hormon tidak lagi dilakukan. Hanya saja, Anda haru berhati-hati dalam pola makan. Pelaku diet tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat dan gula berlebih selama 3 minggu.

Dianggap Sebagai Diet Buruk, Yuk Mengenal Diet HCG Lebih Dalam Lagi

Seberapa Parah Dampak Diet HCG?

Sebenarnya, program diet HCG ini bisa berhasil karena hanya mengkonsumsi kalori sebanyak 500 kal. Jadi, hormon tidak berperan signifikan dalam penurunan berat badan. Beberapa pendapat menyatakan bahwasannya setiap orang juga bisa menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi 500 kalori. Bahkan, tak sedikit juga yang menyatakan tubuhnya mudah kembali gemuk jika nafsu makannya normal. Kekurangan lainnya dari diet ini yaitu berpotensi menimbulkan beberapa penyakit seperti pusing, edema, kurang cairan, mudah lelah hingga kekurangan gizi.

Salah satu pelaku diet HCG, Jade Larue West juga menyampaikan keluh kesahnya tehadap diet ini. Dia merasa bahwa diet ini sangat merusak pola makan sehatnya dan membuat tubuh kehilangan bentuk. Bahkan, pemulihan diet ini juga membutuhkan waktu lama. Tak hanya itu, pelaku diet ini juga tidak bisa mengendalikan porsi makannya.

Nah, itulah tadi beberapa ulasan terkait diet HCG yang ternyata berpotensi memperburuk kesehatan. So, be smart.